Sabtu, 01 Oktober 2011

SEJARAH PERGURUAN PENCAK SILAT GARUDA SAKTI

PERGURUAN Pencak Silat Garuda Sakti didirikan pada tanggal 17 Agustus 1983 didesa Petumbukan kecamatan Galang Sumatera Utara.
Pencak Silat Garuda Sakti atau yang bernama PS. Garuda Sakti atau disingkat PS. GUSTi yang langsung dibawah naungan IPSI Ikatan Pencak Silat Indonesia, didirikan oleh Almarhum Pendekar Ganda Asmara sekaligus selaku guru utama.

PS. Garuda Sakti sendiri adalah ilmu bela diri pencak silat yang notabene adalah kebudayaan asli Indonesia, yang beraliran LINTAU tepatnya LINTAU Enambelas. LINTAU Enambelas sendiri diwariskan oleh ayah guru utama pendiri PS. GARUDA SAKTI yang bernama Pendekar WIRA SACA yang dikenal semasa kesultanan serdang dengan gelar raja Bandung. Dari ayah inilah guru utama menuntut ilmu/belajar ilmu persilatan Lintau Enambelas dan dari kesultanan serdang.Ketika itu perguruan bernama PUSPA kemudian berganti menjadi HARIMAU LINTAU, selanjutnya berganti menjadi PD. LINDO, PD. LINDO sendiri kemudian pecah menjadi PD. Lindo dan PS. GARUDA SAKTI. PD. LINDO saat itu dipegang oleh abang kandung dari pendekar ganda asmara, sedangkan Pendekar ganda asmara mendirikan perguruan silat sendiri yang diberi nama PS. GARUDA SAKTI.

Saat ini PS. Garuda Sakti berpusat di Kecamatan Tanjung Morawa, dan memiliki banyak gelanggang latihan yang hampir tersebar diseluruh daerah Sumatera Utara, bahkan dengan loyalitas sesepuh perguruan,pelatih dan ratusan murid muridnya yang tersebar dan setia untuk terus berlatih, PS. Garuda Sakti terus berkembang dan menorehkan prestasi prestasi membanggakan baik untuk perguruan maupun pribadi murid murid Pencak Silat Garuda Sakti.

Sumber : 
  1. Anggaran dasar dan rumah tangga perguruan pencak silat garuda sakti
  2. Sesepuh perguruan PS. GUSTI Pendekar Samsul beserta keluarga

posting ini dapat juga dilihat di :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls